08 September 2008 |

Iklan-Iklan Kreatif dan Cerdas

Hampir setiap hari saya selalu menyempatkan diri untuk berkunjung ke HONGKIAT, walau kadang hanya melihat selintas. Tulisan terbaru dari HONGKIAT cukup menarik dan menggelitik pikiran saya bahwa kreatifitas ternyata sangat luar biasa dampaknya salah satunya pada dunia advertising.

Bahwa setiap hari kita selalu disuguhkan iklan-iklan produk maupun jasa yang bermacam-macam sudah tidak dapat dipungkiri lagi, tidak percaya? Saya akan mencoba memberikan sedikit gambarannya.

Diawali dari pagi hari ketika kamu bangun tidur dan memutuskan untuk membaca koran sambil menyeruput kopi hangat, disitu telah banyak jenis iklan, mulai dari iklan baris hingga yang satu halaman penuh. Setelah selesai membaca koran kamu memutuskan untuk menyalakan televisi, wah untuk yang satu ini tidak perlu diragukan lagi, sampai saat ini televisi masih menjadi media yang efektif dalam menjaring konsumen. Jam pun telah menunjukan pukul 6.30, bergegas berangkat ke kantor berkompetisi dengan ratusan kendaraan di jalan-jalan ibukota hanya untuk mencapai tempat kerja, dengan harapan tepat waktu :).

Di tengah padatnya jalan, coba sempatkan memutar leher ke kanan dan kirimu, disitu terpampang billboard dan spanduk iklan ukuran besar yang cukup banyak. Merasa telah mengalami gejala-gejala stress, coba nyalakan radio yang tidak lama setelah lagu berselang suara promosi iklan pun kembali terdengar seolah saling bersahut-sahutan. Akhirnya tibalah kamu dikantor, duduk di kursi dan mulai menyalakan komputer. Kebetulan tidak ada pimpinan, iseng-iseng browsing sambil melepas lelah sambil membuka plurk dan portal berita. Setelah loading portal selesai bertaburanlah iklan-iklan berbagai bentuk. Selesai membaca berita, coba buka inbox emailmu disitu ternyata kotak spam sudah penuh dengan iklan-iklan promosi yang kamu sendiri tidak tau darimana asalnya.

Muncul pertanyaan di pikiran saya, "berapa banyak iklan yang kamu ingat hingga hari ini? dan karena apa kamu mengingatnya?".

Kalau saya cenderung hanya mengingat iklan-iklan yang mempunyai unsur cerdas dan kreatif didalamnya *menurut pandangan saya pribadi*. Cerdas yang saya maksud disini cenderung dalam pemilihan kata-katanya, jadi ketika saya melihat iklan tersebut timbul pertanyaan dalam pikiran saya, "apa maksudnya ya?", yang akhirnya membuat saya penasaran dan mencoba mencari tau. Kreatif disini tentunya dalam desain, warna, media maupun lokasi penempatan iklan tersebut.

Berikut beberapa iklan yang menarik untuk disimak, siapa tau bisa jadi bahan referensi bagi pengiklan di tanah air HONGKIAT 70 Creative Advertisement That Makes You Look Twice

4 comments:

  1. Iklan2 di Indonesia sekarang juga makin kreatif yahhh. Gw seneng ngliatin billboard2 yang di depan Plaza Senayan :D

    ReplyDelete
  2. setuju. tanda-tanda perubahan ke arah yang lebih baik sudah terlihat dari sisi desain dan konsep marketingnya :D

    ReplyDelete
  3. Angga kepikiran aja nulis abt iklan?, hehehe. mnurut dvan dan yang lain juga pastinya, Iklan yang "bertaburan" itu sengaja dibuat untuk mempengaruhi kognitif kita, ya walopun kita gag apal satu2 iklan yang tiap hari seliweran di hidup kita. huehehe. yaaa setidaknya lambat laun Brand mereka akan tinggal di benak kita, dan hanya itu sebenarnya sasaran mereka para pemasang iklan. karena itulah *ciee*, banyak banget dilakukan riset hanya untuk memasang suatu iklan untuk satu titik lokasi aja. kata pemasang iklan "mmm, mana nih spot yang banyak dilewatin manusia??". Nah, iklan kreatif itu contohnya, mereka hanya lebih membantu kita tuk menangkap "goals mereka " lebih baik bahkan lebih cepat aja. Namanya juga kreatif, out of box gituu.. tapi fenomena iklan tuh emang ga ada abisnya ya?

    ReplyDelete
  4. yups van, fenomena iklan emang gak ada abisnya, jadi inget cara promosinya Tung Desem Waringin yang nyebar-nyebar duit buat narik wartawan buat publikasi gratis, ada-ada aja :)

    ReplyDelete

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker