12 October 2008 |

Jakarta Tour Part #2 - Museum Bank Indonesia

Sengaja perjalanan satu hari saya pisah agar para pembaca dapat memilih objek yang disukai saja tanpa perlu membaca keseluruhan perjalanan saya. Masih lanjutan dari perjalanan kemarin kali ini saya melangkahkan kaki menuju Museum Bank Indonesia yang lokasinya tidak jauh dari Museum Bank Mandiri.

Bank Indonesia merupakan bank sentral yang didirikan pada tahun 1953 dan merupakan lembaga yang sangat vital dalam kehidupan perekonomian nasional karena kebijakannya memiliki dampak langsung terhadap perekonomian bangsa Indonesia. Namun walau sudah berusia lebih dari setengah abad, masih banyak masyarakat yang belum mengenal Bank Indonesia, sehingga sering kali terjadi salah persepsi terhadap Bank Indonesia. Oleh karena itulah Bank Indonesia memutuskan untuk membuat Museum dengan harapan dapat mengedukasi masyarakat dan juga sebagai tempat mengumpulkan dokumen dan benda-benda berharga yang terkait dengan kegiatan Bank Indonesia dimasa lampau.

Kesan yang ditampilkan Museum Bank Indonesia berbeda dengan museum yang saya kunjungi sebelumnya. Setelah memasuki pintu depan kami menuju bagian front office untuk mendaftar kunjungan, ternyata untuk menjelajahi museum ini pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali.


Tangga Museum Bank Indonesia


Ruang Peralihan merupakan ruangan pertama yang kami lewati dan merupakan ruangan pertama dari rangkaian kunjungan di Museum Bank Indonesia. Di ruangan ini saya sempat bermain permainan interaktif melalui proyektor yang menampilkan mata uang yang melayang. Apabila kamu bisa 'menangkap' salah satu mata uang tersebut, maka akan muncul informasi.

Berikutnya kami memasuki Ruang Teater yang memutar film sejarah Bank Indonesia dengan kapasitas 45 tempat duduk. Tidak berlama-lama di ruang teater, kami melanjutkan ke ruangan sejarah Bank Indonesia dimana banyak informasi yang disuguhkan menggunakan touchscreen dan berbagai perangkat multimedia lainnya, kesan modern dan futuristiknya dapet.


Halaman Museum Bank Indonesia dilihat dari beranda


Angga dan Adia di beranda Museum Bank Indonesia


Uang sepuluh ribu versi Bapak Kartini

Setelah beristirahat sejenak sambil mengambil beberapa gambar, kami melanjutkan langkah kaki menuju Ruangan Numismatik yang menampilkan koleksi mata uang dari mata uang perkebunan hingga mata uang jaman kerajaan.



Kaca pembesar untuk melihat mata uang

Setelah selesai berkeliling di museum yang luas ini kami memutuskan untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya.

Kalau kamu ingin berkunjung ke Museum Bank Indonesia silakan catat informasi dibawah ini :)

Jam kunjungan Museum Bank Indonesia

Selasa - Kamis
08.30 - 14.30 wib

Jumat
08.30 - 11.00 wib

Sabtu - Minggu
09.00 - 16.00 wib

Senin & Hari Libur Nasional
Tutup

Museum Bank Indonesia
Jl. Pintu Besar Utara 3
(Depan Stasiun Kota) Jakarta
Telp. 021-2600-158 ext.8100
Fax. 021-2601-730
museum@bi.go.id
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker