08 September 2009 |

Hapus Recent Search Pada File .chm

Coretan ini saya buat sebagai bentuk keisengan saya setelah mencari cara menghapus recent search pada file CHM.

CHM merupakan format file yang diperuntukan sebagai media dokumentasi. CHM sendiri dikembangkan oleh Microsoft dan pertama kali diperkenalkan bersamaan dengan rilisnya Windows 98. Sampai saat ini file CHM masih didukung oleh Windows XP dan Vista.

Contoh file berformat CHM


CHM memiliki fitur search yang memungkinkan kamu untuk mencari kata (keyword) atau kalimat yang terdapat pada file tersebut. Namun hal yang cukup mengesalkan adalah keyword/kata yang kamu gunakan dalam pencarian akan selalu ada (selama sistem operasi kamu tidak diinstal ulang) dan tentunya dapat dilihat oleh orang lain (kalau kata/kalimat yang kamu gunakan relevan tentunya tidak menjadi masalah) :D.

Pencarian pada CHM

Seperti contoh diatas, maka keyword/kata pencarian (contoh: "puasa") akan selalu muncul apabila seseorang membuka file tersebut (kecuali kamu merubah nama file tersebut (rename), maka keyword/kata pencarian yang kamu tulis tidak akan muncul karena dianggap sebagai file baru.

Untuk menghapus daftar keyword/kata pencarian tersebut kamu cukup masuk kedalam folder dibawah ini:

\Documents and Settings\[username]\Application Data\Microsoft\HTML Help

didalam folder tersebut kamu akan menemukan file hh.dat. Buka file tersebut dengan menggunakan notepad lalu hapus isinya, kemudian simpan.

Coba kamu buka file CHMmu, maka keyword/kata pencarian yang pernah kamu tulis tidak akan muncul lagi :D.

coretanKecil
iseng-iseng nunggu buka puasa sambil nulis diblog :D.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker