06 December 2009 |

Belajar Nge-Blog ala Corat-Coret BLOG

Saat ini di negara tercinta kita Indonesia, nge-blog bukanlah barang langka lagi. Mulai dari para pelajar, guru, dosen, internet marketer -yang jumlahnya semakin banyak saja- hingga perusahaan kakap pun mempunyai blog yang mereka gunakan sebagai sarana untuk bercerita, berbagi, promosi hingga monetisasi.

Dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk membuat blog dan semakin mudahnya cara membuat blog, membuat semakin banyak pula blog-blog yang dalam hitungan beberapa bulan menjadi blog tak bertuan alias tidak diurus lagi :D

Bagi para blogger menjadi suatu kebanggaan tersendiri apabila blognya dihampiri banyak pembaca yang dengan setia menunggu tulisan-tulisan berikutnya, tapi untuk mencapainya tentunya dibutuhkan usaha, kerja keras dan semangat tinggi (lebay ah :D).


Berikut ini beberapa saran super singkat dari saya untuk kamu yang ingin serius nge-blog:

  1. Mulailah dari Hal yang Paling Kamu Sukai
    Menulis hal-hal yang kamu sukai tentunya akan lebih mudah ketimbang harus menulis tentang cara pembuatan roket yang bahkan belum pernah kamu dengan sebelumnya.

  2. Blogmu Kudu Unik
    Dengan semakin banyaknya blog, kamu perlu tampil berbeda diantara blog-blog lainnya. Beranikan tampil beda, baik dari topik, konten maupun desain template. Tapi jangan sampai membuat pembacamu menjadi kesulitan untuk membaca, pastikan ukuran teks, warna, tata bahasa, text-alignment masih dalam batasan yang wajar.

  3. Blogmu Kudu Berguna dan Bermanfaat
    Dengan menjadikan blogmu berguna tentunya akan membuat para pembaca blogmu senang dan tidak sungkan untuk mampir lagi. Ingat hukum alam, jika kamu memberikan sesuatu yang bermanfaat/berguna kelak kamu akan mendapatkan imbalan dari pemberian tersebut. (inget, jangan lantas ngarepin imbalan)

  4. Blogmu Kudu Update
    Para pembaca yang tertarik dengan blogmu tentunya akan menunggu update terbaru dari blogmu, pastikan blogmu selalu ter-update agar para pembaca blogmu tetap setia. Kamu dapat menggunakan penjadwalan posting untuk mempermudah update blogmu.
Coretan ini sedikit banyak baik secara sadar maupun tidak sadar dipengaruhi oleh tulisan Seth Godin mengenai "3U - Three Secret of Web Traffic" dan pengalaman saya sendiri selama nge-blog.

4 comments:

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker