01 December 2009 |

Cara Merubah Nama Halaman Web yang Telah Tersimpan

Saya memiliki kegemaran menyimpan artikel-artikel menarik dari Internet. Kegemaran tersebut semakin sering saya lakukan ketika saya hanya memiliki waktu yang sedikit untuk online atau ketika saya harus online di warnet. Karena sampai saat ini browser favorit saya masih Firefox, mau tidak mau saya harus menyimpan halaman-halaman web dalam format Web Page, complete, berbeda dengan Opera dan Intenet Explorer yang memungkinkan kita untuk menyimpan halaman web dalam format .mht.

Dengan menyimpan halaman web dengan format Web Page, complete yang berarti ada satu folder dan satu file yang tersimpan, yaitu folder dengan nama namafile_files dan file dengan nama namafile.html. Jika nama halaman web yang kita simpan itu cukup jelas, misal: AnekaMakananSehat.html, tentunya tidak akan menjadi masalah. Tapi bagaimana kalau ketika kita menyimpan halaman tersebut namanya adalah showthread.php.html, akan sulit untuk mengetahui isi dari halaman tersebut tanpa membukanya terlebih dahulu.

Masalah diatas sebenarnya dapat diatasi dengan mudah dengan cara merubah nama halaman web pada saat proses penyimpanan.

Namun bagaimana seandainya halaman web tersebut sudah terlanjut tersimpan di komputermu? Nah itu dia tujuan saya menulis coretan ini.

Caranya sangat sederhana, hanya dibutuhkan kesabaran dan ketrampilan tangan COPY-PASTE :D.
Berikut langkah-langkahnya:

  1. Misalnya kamu ingin merubah halaman web yang sebelumnya bernama 234324b petso.html menjadi Pet Society Tips Trik.html.
    Tekan F2 pada nama file 234324b petso.html lalu rubah menjadi Pet Society Tips Trik.html.

  2. Setelah itu cari folder bernama 234324b petso_files dan rubah namanya menjadi Pet Society Tips Trik_files


  3. Buka halaman Pet Society Tips Trik.html dengan menggunakan gedit ataupun notepad, lalu cari (CTRL + F) "_files". Kamu akan menemukan 234324b%20petso_files, copy alamat tersebut.

    INGAT!!!, kamu tidak akan mendapatkan apapun ketika melakukan pencarian dengan kata kunci "234324b petso_files" tanpa menggunakan %20 sebagai pengganti spasi.

  4. Gantikan alamat yang lama dengan melakukan replace (CTRL + H) dan memasukan "234324b%20petso_files" pada bagian Search for: dan nama yang baru "Pet Society Tips Trik_files" pada bagian Replace with, lalu tekan tombol Replace All dan selesai :D.
Dengan cara diatas kamu dapat merubah nama halaman-halaman webmu dalam harddisk yang sebelumnya berantakan menjadi lebih rapih :D. Selamat mencoba :).
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker