22 February 2010 |

Kehilangan Windows Font Core? Disini Solusinya

Download Windows Fonts Core
Entah kenapa setiap kali saya meng-install font Helvetica, browser Firefox ngambek dan menampilkan simbol-simbol tidak jelas yang pastinya tidak saya mengerti --klo saya mengerti ya tidak jadi masalah toh--

Karena saya membutuhkan font tersebut untuk pelengkap dari tugas yang sedang saya kerjakan, jadi mau tidak mau saya meng-installnya lalu menghapusnya setelah selesai menggunakan, agar kenyaman browsing tidak terganggu. Hal itu saya lakukan berulang-ulang kali hingga keanehan terjadi.

Keanehan itu terjadi pagi ini ketika saya mengunjungi sebuah forum, tampilannya kok tidak seperti biasanya lebih tepatnya font yang tampil cukup menyakitkan mata saya. Saya coba cek font yang digunakan oleh Firefox. Bagi kamu yang belum tau caranya, cukup masuk ke menu Tools > Options lalu hampiri bagian Content. Disitu kamu akan menemukan bagian Fonts & Colors.

Setelah saya cek, ternyata tidak ada yang salah dengan pengaturan default dari font yang digunakan Firefox. Tidak habis akal, saya kemudian mengecek jenis font digunakan situs yang bermasalah tersebut --ngecek font-familynya-- yang ternyata situs itu menggunakan font Verdana sebagai font utamanya.

Kemudian saya cek di folder font yang terdapat di C:\WINDOWS\Fonts dan ENG ING ENG ternyata font Verdana saya hilang... DOH

Sambil mengingat-ingat mengapa font tersebut bisa hilang, saya mencoba mencari font Verdana dari berbagai situs. Sampai pada kesimpulan bahwa tadi pagi ternyata saya salah menghapus font, niatnya hapus Helvetica malahan Verdana yang terhapus DOH. Sambil mencari saya teringat bahwa Verdana merupakan font "bawaan" dari Windows XP yang berarti Windows Font Core. Saya coba cari situs resminya ternyata harus membayar untuk mengunduh font tersebut DOH

Akhirnya setelah ngubek sana-sini, saya menemukan solusinya. Buat teman-teman yang mengalami masalah yang sama dengan saya dapat mencoba meng-install Windows Font Core dibawah ini.

Arial (unduh disini)
Comic Sans MS (unduh disini)
Courier New (unduh disini)
Trebuchet MS (unduh disini)
Impact (unduh disini)
Verdana (unduh disini)

Oh ya, buat teman-teman yang memiliki koleksi font yang banyak dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat tampilan dari huruf-huruf tersebut AMP Font Viewer (unduh disini)

Pernahkah kamu mengalami kejadian serupa?

3 comments:

  1. coba diinstall fontnya dulu, trus install firefoxnya, sapa tau gak ewel lagi.

    ReplyDelete
  2. whoaaa. senangnya nemu artikel iniiiii.. udah pusing aja dari kemaren kenapa tulisan di twitter dan tumblr gue keluarnya aneh2 bener..

    ReplyDelete
  3. @sugahpuff
    semoga masalah fontnya segera terselesaikan ya mas :)

    ReplyDelete

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker