29 March 2010 |

5 Trik Mengakali Google yang Harus Dihindari dalam SEO

5 Trik Mengakali Google yang Harus Dihindari dalam Search Engine Optimization
Beberapa hari ini saya sedang mencoba mengenal lebih dalam mengenai apa itu SEO dengan membaca beberapa eBook, salah satunya adalah terbitan Wiley, SEO For Dummies. Buku yang ditulis oleh Peter Kent ini membahas Search Engine Optimization (SEO) dalam gaya bahasa yang mudah dipahami sekalipun bagi pemula --seperti saya-- :D

Dari buku SEO For Dummies, saya mendapatkan banyak informasi baru seputar optimasi mesin pencari yang sempat saya lewatkan maupun tidak saya pahami secara benar selama saya belajar SEO. Nah kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi yang saya dapatkan dari buku tersebut, yaitu mengenai 5 trik mengakali Google yang harus dihindari dalam SEO, coretan ini saya tujukan untuk siapapun yang tertarik mengenal SEO.
Ini dia 5 trik mengakali Google yang patut dihindari.
  1. Keyword Stuffing
  2. Keyword stuffing adalah tindakan menempatkan keyword secara membabi-buta dalam sebuah halaman. Cara ini termasuk cara lama yang ternyata masih sering digunakan sampai saat ini. Google sudah mengenal trik sejak lama, jadi sebaiknya jangan gunakan cara ini atau situs kamu akan masuk ke daftar hitamnya Google.
  3. Menyembunyikan Keyword dengan Warna Putih
  4. Teknik ini sangat sederhana, yaitu menggunakan CSS untuk mengubah warna teks keyword menjadi putih --atau sesuai warna background situs sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Teknik inipun telah dikenal Google sejak lama.
  5. Page Swapping
  6. Inti dari teknik ini adalah mengganti halaman yang populer di mata mesin pencari dengan halaman yang kurang begitu populer. Masalahnya saat ini kita tidak mengetahui kapan mesin pencari akan kembali untuk melakukan re-index.
  7. Mengalihkan Halaman Secara Otomatis
  8. Trik mengalihkan halaman ini (redirect) ini bertujuan untuk membawa pengunjung ke halaman lain secara otomatis tanpa perlu adanya aksi dari pengunjung. Biasanya halaman yang digunakan sebagai pembuka adalah halaman yang dipenuhi dengan keyword stuffing, yang kemudian dialihkan ke halaman lainnya. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan trik redirect, bisa menggunakan meta REFRESH maupun JavaScript.
  9. Menggunakan <NOSCRIPT> Tag
  10. Sebenarnya fungsi tag <NOSCRIPT> adalah untuk menampilkan informasi apabila fitur JavaScript pada browser dimatikan. Namun pada trik ini bukan informasi yang diletakkan diantara tag <NOSCRIPT> melainkan keyword, jadi apabila JavaScript pada browser aktif, maka keyword tersebut tidak akan terlihat oleh pengguna, namun mesin pencari tetap akan melihatnya keyword tersebut.
Fuih, selesai juga nulisnya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang mencoba mengenal optimasi mesin pencari.

--Rencananya sih setelah kelar membaca SEO For Dummies, saya berniat melanjutkan dengan Search Engine Optimization an Hour a Day :D--

Sudahkah kamu mengoptimasi blogmu?
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker