29 March 2010 |

5 Trik Mengakali Google yang Harus Dihindari dalam SEO

5 Trik Mengakali Google yang Harus Dihindari dalam Search Engine Optimization
Beberapa hari ini saya sedang mencoba mengenal lebih dalam mengenai apa itu SEO dengan membaca beberapa eBook, salah satunya adalah terbitan Wiley, SEO For Dummies. Buku yang ditulis oleh Peter Kent ini membahas Search Engine Optimization (SEO) dalam gaya bahasa yang mudah dipahami sekalipun bagi pemula --seperti saya-- :D

Dari buku SEO For Dummies, saya mendapatkan banyak informasi baru seputar optimasi mesin pencari yang sempat saya lewatkan maupun tidak saya pahami secara benar selama saya belajar SEO. Nah kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi yang saya dapatkan dari buku tersebut, yaitu mengenai 5 trik mengakali Google yang harus dihindari dalam SEO, coretan ini saya tujukan untuk siapapun yang tertarik mengenal SEO.
Ini dia 5 trik mengakali Google yang patut dihindari.
  1. Keyword Stuffing
  2. Keyword stuffing adalah tindakan menempatkan keyword secara membabi-buta dalam sebuah halaman. Cara ini termasuk cara lama yang ternyata masih sering digunakan sampai saat ini. Google sudah mengenal trik sejak lama, jadi sebaiknya jangan gunakan cara ini atau situs kamu akan masuk ke daftar hitamnya Google.
  3. Menyembunyikan Keyword dengan Warna Putih
  4. Teknik ini sangat sederhana, yaitu menggunakan CSS untuk mengubah warna teks keyword menjadi putih --atau sesuai warna background situs sehingga tidak terlihat secara kasat mata. Teknik inipun telah dikenal Google sejak lama.
  5. Page Swapping
  6. Inti dari teknik ini adalah mengganti halaman yang populer di mata mesin pencari dengan halaman yang kurang begitu populer. Masalahnya saat ini kita tidak mengetahui kapan mesin pencari akan kembali untuk melakukan re-index.
  7. Mengalihkan Halaman Secara Otomatis
  8. Trik mengalihkan halaman ini (redirect) ini bertujuan untuk membawa pengunjung ke halaman lain secara otomatis tanpa perlu adanya aksi dari pengunjung. Biasanya halaman yang digunakan sebagai pembuka adalah halaman yang dipenuhi dengan keyword stuffing, yang kemudian dialihkan ke halaman lainnya. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan trik redirect, bisa menggunakan meta REFRESH maupun JavaScript.
  9. Menggunakan <NOSCRIPT> Tag
  10. Sebenarnya fungsi tag <NOSCRIPT> adalah untuk menampilkan informasi apabila fitur JavaScript pada browser dimatikan. Namun pada trik ini bukan informasi yang diletakkan diantara tag <NOSCRIPT> melainkan keyword, jadi apabila JavaScript pada browser aktif, maka keyword tersebut tidak akan terlihat oleh pengguna, namun mesin pencari tetap akan melihatnya keyword tersebut.
Fuih, selesai juga nulisnya, semoga bermanfaat buat teman-teman yang sedang mencoba mengenal optimasi mesin pencari.

--Rencananya sih setelah kelar membaca SEO For Dummies, saya berniat melanjutkan dengan Search Engine Optimization an Hour a Day :D--

Sudahkah kamu mengoptimasi blogmu?

10 comments:

  1. waw SEO, sesuatu yang baru bagi saya (hehe dari dulu saya gak tertarik pada yg satu ini, tapi dipikir2 butuh juga :P)
    Sepertinya trik-trik lawas buat membohongi googlebot udah gak bisa dipake lagi. Namanya juga trik lawas.

    btw, kenapa (konon) blog(spot) jelek SEO nya yah?

    ReplyDelete
  2. @ardianzzz
    banyak sih mas faktornya, yang saya rasain banget sih dari permalinknya, liat aja permalink coretan ini, yang muncul cuma "5-trik-mengakali-google-yang-harus.html" kan seharusnya "5-trik-mengakali-google-yang-harus-dihindari-dalam-seo.html" :D

    selain itu dukungan plugin SEO WordPress juga seabrek

    ReplyDelete
  3. jadi memang menggunakan keyword yang berlebihan akan mengundang kejcurigaan google ya mas..?

    menautkan setiap posting ke halaman home mungkin akan membantu

    ReplyDelete
  4. @ayoberbagi.com
    yups, tepat sekali. lebih baik menggunakan cara three-way linking aja daripada mengarahkan semua link ke halaman utama (home)

    A -> B, B -> C, C -> A
    jadi artikel saling terhubung satu sama lain, sepanjang tema artikelnya masih sama rasanya tidak akan ada masalah :)

    ReplyDelete
  5. sama. gue juga nggak ngerti... he..he.. maklum bukan ahlinya.

    ReplyDelete
  6. wah...masih binnun ni mas...saya newbie..jadi maklum,tapi paling engga bisa belajar nih, makasih yah

    http://myinstruments-electrical.blogspot.com/
    http://blog.beswandjarum.com/slamatagung/

    ReplyDelete
  7. wah pigin belajar nih tapi ko sulit sekali gerti ya??
    mudahan besok-besok aku bisa.. amiiin.

    ReplyDelete
  8. banyak yg saya pelajari disini..makasih...mantap

    ReplyDelete
  9. Info mantap gan. cuma loading pagenya agak lambat. kalo. Usahakan loading bisa secepat kilat...heheheheheh

    ReplyDelete

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker