24 April 2010 |

Membuat Lagu Minus-One dengan Wavosaur

Gambar gelombang audio
Awal coretan ini bermula dari permintaan adik saya, yang meminta bantuan untuk mencarikan lagu minus-one --lagu tanpa suara vokal--. Coretan ini juga saya buat sebagai penanda telah kembalinya semangat saya untuk nge-blog lagi --bingung mau nulis apaan :D--.

Setelah ngubek-ngubek Google dengan keyword "Vocal Remover", akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi menarik yang memiliki fitur tersebut (vocal remover). Aplikasi itu bernama Wavosaur, sebuah aplikasi editing audio tidak berbayar dengan fitur yang tidak kalah dengan aplikasi berbayar sejenis.

Aplikasi ini tidak perlu di-install di komputermu, cukup dijalankan saja dan kemudian aplikasi ini akan membuat dua buah file konfigurasi wavosaur.cfg dan wavosaur.ini untuk menyimpan settingan yang telah kamu lakukan di aplikasi ini, termasuk recent file audio yang kamu gunakan.

Sejauh ini, saya baru menggunakan fitur recording dan editing sederhana pada hasil rekaman saya buat.


Kamu dapat menemukan fitur voice remover pada menu PROCESS > VOCAL REMOVER. Dari beberapa percobaan yang saya lakukan, hanya beberapa file audio yang berhasil benar-benar dihilangkan suara vokalnya. Beberapa file lainnya masih menyisakan suara vokal, walau tidak sejelas sebelumnya. Dari hal ini saya menarik kesimpulan bahwa hasil akhirnya sangat tergantung dari kualitas file audio yang kamu gunakan.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, silakan diunduh di Wavosaur.

Selamat mencoba :)
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker