15 May 2011 |

REVIEW: JEFIT VS Virtua Gym

Android Apps, JEFIT vs Virtua Gym
Bagi para pengguna smartphone berbasis Android dan menyukai olahraga, terutama yang banyak dilakukan di fitness center, sudah waktunya kamu mengunjungi Android Market untuk mencoba dua aplikasi menarik ini, JEFIT dan Virtua Gym.

Saya telah menggunakan JEFIT dan Virtua Gym (keduanya versi tidak berbayar) selama kurang lebih satu bulan untuk menemani saya nge-gym. Pada dasarnya kedua aplikasi tersebut menawarkan fungsi yang sama yaitu memudahkan pengguna untuk mengetahui cara melakukan gerakan yang tepat pada jenis latihan tertentu. Kedua aplikasi tersebut juga memiliki situs online yang memiliki berbagai fitur yang menarik.



JEFIT




Virtua Gym


Berikut ini hasil review saya terhadap JEFIT dan Virtua Gym yang dibagi menjadi beberapa kategori.

  1. Tampilan Antarmuka (User Interface)
    Virtua Gym memiliki tampilan antarmuka (interface) yang lebih baik dibandingkan JEFIT. Tampilan JEFIT memang terlihat terlalu kaku ketika disandingkan dengan Virtua Gym yang menggunakan warna yang lebih cerah.
    Virtua Gym MENANG

  2. Database Latihan (Workout Database)
    Dari sisi kelengkapan database latihan (workout database), JEFIT jauh lebih lengkap dibandingkan Virtua Gym. JEFIT menawarkan database latihan yang dibagi berdasarkan bagian otot yang akan dilatih ditambah dengan daftar olahraga kardio seperti berenang, lari dan lainnya. Selain itu JEFIT juga memberikan keterangan singkat pada latihan yang akan digunakan, otot yang terlibat dan cara menggunakan latihan secara benar.

    Virtua Gym hanya membagi pola latihannya menjadi Morning Workout, Home Workout (no materials) dan Gym Workout, variasi gerakannya juga terlalu sedikit.
    JEFIT MENANG

  3. Gambar Petunjuk Latihan (Instructional Picture)
    JEFIT memang memiliki database latihan yang banyak yang juga dilengkapi dengan gambar animasi cara melakukan gerakan tersebut, namun kualitas gambarnya masih kurang baik. Sedangkan Virtua Gym menawarkan gambar latihan yang jauh lebih baik, dengan menggunakan gambar 3D, para pengguna dapat dengan mudah melihat cara melakukan yang benar melalui gambar latihan.
    Virtua Gym MENANG

  4. Penyusunan Pola Latihan (Workout Routine Planner)
    JEFIT menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk memilih hari dan membuat pola latihan. Hal ini belum dapat dilakukan di Virtua Gym.
    JEFIT MENANG

  5. Sync Profile, Logging System
    JEFIT kembali menang untuk kategori ini, karena semua fitur tersebut dapat kamu temui di JEFIT, sedangkan Virtua Gym belum menyediakan fasilitas tersebut.
    JEFIT MENANG

Berdasarkan dari pengalaman saya menggunakan kedua aplikasi tersebut, JEFIT memang jauh lebih unggul dibandingkan Virtua Gym, namun ada beberapa perbaikan yang juga perlu diperhatikan oleh JEFIT terutama dari sisi tampilan dan gambar petunjuk latihan yang kualitasnya masih kurang baik.

Sudah pernah menggunakan aplikasi sejenis? Silakan berbagi melalui kotak komentar dibawah ini.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker