08 May 2013 |

Menghubungkan Jaringan LAN dan Wireless Menggunakan Router Speedy

Setelah sekian lama terbengkalai akhirnya PC saya berhasil dihidupkan dan kembali merasakan nikmatnya terkoneksi ke jaringan internet :D. Absen panjang mengakibatkan banyak file yang tidak sync antara PC dan laptop, yang selama ini statustnya telah bergeser menjadi primary computer.

Saya mencoba meng-sync beberapa folder penting menggunakan Dropbox LAN sync, untuk mempercepat proses sync saya menyalin file-file dari laptop ke PC menggunakan sharing folder yang ternyata tidak berhasil karena komputer tidak terdeteksi pada Network Windows Explorer. Kondisinya saat itu adalah PC menggunakan LAN sedangkan laptop menggunakan wireless yang terkoneksi pada sebuah Wireless Modem Router.

Setelah googling akhirnya saya menemukan cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Solusinya adalah dengan mematikan VLAN (Virtual Local Area Network) dengan cara:
  1. Login ke 192.168.1.1 dan isi username dan password
  2. Masuk ke bagian Advanced Setup lalu pilih VLAN
  3. Kemudian pilih Deactivated
Selanjutnya masuk ke Windows Explorer dan pilih Network, maka komputer yang sebelumnya tidak terdeteksi pada jaringan sekarang sudah dapat digunakan untuk sharing folder.

Thanks to Solusi menghubungkan Network LAN dan Wireless.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker