19 August 2013 |

17 Agustus: Ketika Perayaan Berpindah ke Dunia Digital

Suasana 17 Agustus yang selalu identik dengan kemeriahan dan suka cita dalam memperingati hari kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) perlahan, tapi pasti, nampak mulai luntur di tengah masyarakat Indonesia modern saat ini, atau mungkin telah bertransformasi ke dalam bentuk dan tempat yang berbeda ya :).

Saya tidak mengetahui pasti di tempat lain, namun yang pasti, di tempat saya tinggal saat ini hal tersebut adalah realita yang saya temukan, tidak ada rumah yang memasang bendera merah putih saat 17 Agustus, hanya pos keamanan RT saja yang nampak mengibarkan bendera merah putih, yang mungkin dianggap cukup sebagai perwakilan rumah-rumah lainnya.

Saya masih mengingat acara 17 Agustus yang pernah saya rasakan ketika masih duduk di bangku taman kanak-kanak. Dengan pakaian daerah kami berkeliling, di tahun lainnya kami mengikuti lomba sepeda hias sambil mengibarkan bendera merah putih ukuran mini.

Upacara bendera terakhir kali yang saya rasakan adalah saat saya masih duduk di bangku SMA. Setelah itu praktis semenjak kuliah saya tidak pernah mengikuti upacara bendera, eh pernah sekali ketika masih dalam masa orientasi siswa :D.

Mungkin saja kemeriahan perayaan hari kemerdekaan negara Indonesia yang selama ini saya rasakan telah berpindah ke dalam bentuk digital. Bukan karena generasi muda saat ini sudah tidak nasionalis lagi, namun mungkin bentuknya sudah tidak sama seperti jaman dahulu, sudah lebih modern, mungkin.

Saya masih ingat ketika beberapa tahun yang lalu ada perayaan detik-detik pengibaran bendera dalam bentuk digital, bagi yang ingin menghadiri bisa langsung sign-in, bisa menggunakan akun Twitter maupun Facebook. Social networking memang salah satu media pemersatu bangsa yang efektif saat ini :D.

Kalau upacara bendera bisa dalam bentuk digital, kapan ya bisa adu balap loncat karung dan manjat pohon pinang lewat jentikan jari pada mouse dan keyboard?

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker