26 October 2013 |

Ideation Boot Camp 2013 di @america

Kemarin saya berkesempatan mampir untuk pertama kalinya ke gelaran Jakarta Founder Institute (JFI) sekaligus pertama kalinya juga datang ke @america setelah beberapa kali batal untuk datang ke acara yang diadakan disana dengan alasan yang beraneka ragam ;). Oh ya @america sendiri terletak di Pacific Place lantai 3.

Di bagian terdepat @america kamu akan menemukan jadwal acara yang diadakan disana, lengkap dengan seorang petugas yang berjaga. Pintu depan @america memang tampak agak gelap dan hanya disinari beberapa lampu warna-warni. Namun semuanya berubah ketika saya masuk melewati lorong pintu masuk. Ada beberapa koleksi barang-barang yang ada di sisi kanan lorong sebelum saya akhirnya bertemu dengan alat pemeriksa keamanan dimana semua tas harus melewati mesin scanning untuk dapat menyimpannya di locker yang telah disediakan.

Kurang lebih sepeti inilah gambaran lobby @america :D
Untuk acara Ideation Boot Camp sendiri menampilkan tiga pembicara, Andi Zain, Denny Santoso dan Novistiar. Acaranya sendiri lebih membahas mengenai apa itu Founder Institute dan program-program yang ditawarkan.

Hal yang coba disampaikan dalam boot camp kali ini adalah bahwa "ide itu sampah, eksekusi yang membuatnya menjadi berharga". Founder Institute sendiri menyarankan agar "founder" untuk mengumpulkan 25 ide untuk kemudian dipilih satu ide yang akan dilaksanakan, paling tidak selama 20 tahun kedepan :).

Peserta pun diminta untuk berbagi ide yang mereka miliki, sejauh mana mereka telah menceritakan ide mereka dan seberapa berani mereka membunuh ide yang telah mereka miliki.

Salah satu yang saya ingat dari ucapan Denny Santoso mengenai "hard way"-nya mendalami dunia entrepreneur adalah sebuah bisnis harus memenuhi 5 hal ini: N (Needs), E (Entry-level), C (Control), T (Time) dan S (Scalable).


No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker