06 October 2013 |

Proses Seleksi Management Trainee di Reckitt Benckiser

Hari Selasa dan Rabu yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk merasakan suasana seleksi Management Trainee di Reckitt Benckiser, Jakarta. Tes pertama berupa aptitude test kebanyakan berhubungan dengan deretan angka, mencari persentase dan sebagainya. Sedangkan tes kedua adalah Focus Group Discussion (FGD).

Pada tes pertama, semua peserta disuguhkan kertas coretan dan jawaban untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan di lembar soal. Prosesnya tidak memakan waktu yang begitu lama, mungkin sekitar 2 jam (termasuk pengumuman), dimana hasilnya dari 15 orang dibentuk 3 grup yang masing-masing berisikan 5 orang untuk proses selanjutnya.

Pada hari kedua, para peserta yang telah dibagi menjadi 3 grup dalam tiga waktu yang berbeda dipanggil untuk masuk ke dalam ruangan dan kemudian diberikan case study. Dalam waktu sekitar 15 menit para peserta diminta untuk berdiskusi mengenai kasus tersebut (dalam Bahasa Inggris tentunya) untuk kemudian membuat satu kesimpulan opsi mana yang sebaiknya dipilih.

Entah mengapa saya merasa proses FGD ini mirip-mirip dengan apa yang saya lihat di serial The Apprentice UK (karena kebetulan saya nontonnya yang UK). Hal ini tentunya berdasar karena setelah memberikan hasil kesimpulan para peserta dinilai masing-masing mengenai keaktifan dalam diskusi, dan seperti yang sudah diduga, saya lah yang paling tidak aktif dalam diskusi tersebut :p.

Terlepas dari hasil yang akan diumumkan pada hari Senin (7/10/2013) saya sudah senang dapat merasakan mampir ke Reckitt Benckiser dan bertemu dengan peserta lainnya.

Note: Berhubung lokasinya di Gedung Artha Graha, Sudirman, jadi klo bawa motor rada jauh jalannya dari tempat parkir :D

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker