28 October 2014 |

PerpuSeru - Konsep Perpustakaan Modern di Desa

Perkembangan dunia teknologi yang begitu pesat sedikit banyak memberikan dampak, baik secara langsung maupun tidak, terhadap berbagai lini kehidupan kita, salah satunya perpustakaan. Jika sebelumnya wajah perpustakaan yang kita kenal adalah tempat yang membosankan, rak-rak kayu tua yang berdebu, buku-buku yang sudah menguning, sepi, kini wajah tersebut mulai berubah ke arah yang lebih modern, dengan implementasi teknologi informasi dan komunikasi, perlahan dunia perpustakaan mulai menerapkan konsep digital library, akses WiFi gratis, komputer-komputer yang disediakan untuk melakukan riset, jurnal elektronik, tempat duduk yang lebih nyaman, suasana yang lebih homey dan masih banyak lainnya yang tentunya meningkatkan kenyamanan selama membaca buku di perpustakaan.

Pada tanggal 22-25 Oktober 2014 yang lalu, saya bersama rekan-rekan dari Binus Center mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengajar untuk kelas TOT bagi para fasilitator PerpuSeru, sebuah program CSR yang dilakukan oleh Coca Cola Foundation Indonesia, yang nantinya akan memberikan pelatihan kepada para peserta di desa yang akan berhubungan langsung dengan perpustakaan, mulai dari mengelola hingga mengajarkan kembali ke masyarakat lainnya.

Apa yang coba kami sampaikan lebih kepada cara menyampaikan materi, bukan kontennya. Kontennya sendiri terdiri dari 5 sesi, yaitu:
  1. Sesi 1 - Pengenalan Dasar Komputer
  2. Sesi 2 - Pengenalan Microsoft Office Dasar
  3. Sesi 3 - Pengenalan Dasar Internet
  4. Sesi 4 - Internet Sehat
  5. Sesi 5 - Dasar Keamanan Komputer
Dengan harapan besar untuk membangun perpustakaan sebagai community base, sehingga masyarakat dengan nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan riset, maupun belajar di perpustakaan, yang tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas teknologi mumpuni.

Semoga kedepannya wajah perpustakaan di Indonesia semakin menarik dan menjadi hacker space masyarakat Indonesia.

Bagaimana dengan kamu, kapan terakhir ke perpustakaan?

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker