04 February 2016 |

Excel: Menghitung Jumlah Data pada Bulan Tertentu

Entah kenapa pagi ini saya begitu bersemangat untuk ngutak-ngatik file Excel yang berisi daftar transaksi saya sebagai reseller. Yups, sejak akhir bulan Januari yang lalu saya memang memutuskan untuk menjadi reseller produk buku-buku bisnis yang lagi naik daun itu loh :D.

Jadi ceritanya biar nambah semangat saya mencoba membuat lembar rekap yang bertujuan menghitung secara otomatis penjualan yang saya lakukan setiap bulannya. Di lembar sebelumnya ada lembar TRANSAKSI yang mencatat setiap transaksi.

Nah berhubung saya tidak begitu suka cara manual, maka saya coba cari cara agar jumlah penjualan dalam satu bulan dapat diketahui secara otomatis. Masa' sudah menggunakan Excel tapi masih pilih filter bulan untuk mengetahui jumlah transaksi per bulannya.

Awalnya saya pikir fungsi seperti COUNTIF dan MONTH dapat menyelesaikan masalah, tapi ternyata tidak sesederhana itu (kalau ada yang tau dengan hanya menggunakan fungsi tersebut kasih tau saya ya).

Tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini -angka sengaja saya samarkan ya-.


Nah, untuk menghitung jumlah transaksi setiap bulannya (mengacu pada DATE) adalah dengan menggunakan formula dibawah ini

=SUMPRODUCT(--(ISNUMBER(TRANSAKSI!$A$3:$A$1048576));--(MONTH(TRANSAKSI!$A$3:$A$1048576)=1))

Bagian yang diberikan warna MERAH merupakan kolom Tanggal. Nah kelebihan dari formula diatas adalah tidak menghitung apabila ada sel yang kosong pada kolom Tanggal. Sedangkan yang berwarna BIRU adalah bulannya.

Semoga bermanfaat, cheers.

Sumber: Count if Date is Month

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker