30 March 2016 |

Hindari Menggunakan Bitly untuk Berbagi Informasi Penting

Sudah tau kan apa itu Bitly? Jika belum, mungkin penjelasan singkat dibawah ini bisa memberikan kamu sedikit pencerahan.

Bitly merupakan layanan URL Shortener dan Link Management Platform yang memungkinkan kamu untuk merubah URL yang panjang menjadi lebih ringkas dan juga menentukan nama yang lebih mudah diingat pada URL yang telah dipendekkan.

Sebagai contoh saya tunjukan salah satu link Bitly (untuk selanjutnya kita sebut Bitlinks) sebagai bahan eksperimen.

http://bit.ly/17H9mRa

Jika kamu klik link tersebut maka kamu akan sukses diantarkan ke http://www.lazada.co.id/beli-Handphone-Tablet/#Q2534CluQ504k9, yang apabila URLnya kamu bagikan secara langsung akan lebih sulit diingat dibandingkan Bitlink.

Sudah tentu layanan Bitly sangat membantu bagi kamu yang senang berbagi link dengan URL yang relatif panjang.

Selain dapat membuat URL menjadi lebih pendek, Bitly juga memiliki fitur tracking yang memungkinkan kamu untuk melihat jumlah orang yang meng-klik, lokasi, jam serta lokasinya serta media klik link tersebut berasal dibagian info pagenya.

Terus ngintip data statistiknya bagaimana?

Cukup dengan menambahkan satu karakter saja maka kamu dapat dengan mudah melihat data statistik dari Bitlink tersebut, sekalipun kamu tidak memiliki akun Bitly. Jika kamu login akun Bitly maka data yang ditampilkan akan lebih detail lagi.

Contohnya seperti yang tampak dibawah ini (dengan login):




Ah, itu sih biasa, sudah pernah diulas oleh mas Yudhis di note yang ini ===> Ngintip Targeting Iklan Pake The Graph

Betul, betul, memang sudah pernah diulas oleh mas Yudhis, dan keterangan diatas itu cuma prolognya aja. Karena informasi sesungguhnya justru baru akan saya ceritakan dibawah ini.

Apa itu...

Bahwa ternyata dengan cara yang di-share oleh mas Yudhis, kita tidak hanya bisa melihat info page dari Bitlink tetapi juga bisa melihat seluruh Bitlinks yang dibagikan oleh akun yang kita intip info pagenya selama tidak ada tulisan global shortlinknya (Bitly Pro).

Tampilannya seperti ini.



Contoh gambar yang pertama (ada tulisan global shortlink) setau saya merupakan akun Bitly Pro sehingga tidak memungkinkan kamu untuk melihat Bitlinks apa saja yang di-share oleh si pemilik akun. Berbeda dengan gambar dibawahnya yang memungkinkan kamu melihat link yang dibagikan oleh pemilik akun cukup dengan meng-klik username dari si pembuat link tersebut.

Contohnya seperti ini:



dan kebanyakan para pengguna Bitly masih banyak yang menggunakan versi yang FREE terutama perserorangan.

Lah terus untungnya apa kalau bisa lihat seluruh Bitlinks yang di-share oleh akun tersebut?

Setelah saya muter-muter ke beberapa Bitlinks yang hilir mudik di timeline Facebook, saya menemukan masih banyak ‘mastah’ yang masih membagikan file khusus untuk membernya menggunakan Bitlink.

Contohnya file unlisted video webinar yang dipublikasi di YouTube serta file-file bonus yang diperuntukan bagi member yang membeli produk digital tertentu menggunakan link affiliate mereka.

Terus, gimana donk caranya agar tidak diintip?

Untuk data statistik saat ini tidak bisa. Tapi untuk daftar link yang kamu miliki dapat kamu buat lebih aman dengan cara:

Untuk video webinar yang dipublikasikan menggunakan YouTube bisa menggunakan fitur Private, jadi hanya member yang emailnya terdaftar yang dapat mengakses video tersebut. Memang nambah kerjaan, tapi setidaknya ada fitur yang bisa digunakan.

atau...

Embed file YouTube pada halaman site yang sudah kamu tambahkan fitur login. Sehingga para member harus login sebelum bisa mengakses kumpulan videomu. Nah yang ini tentunya jauh lebih gampang.

Sedangkan untuk file, sekalipun di-share menggunakan Dropbox ataupun Mediafire sebaiknya dalam bentuk file terkompresi (.rar atau .zip) untuk kemudian diberi password yang hanya dibagikan pada member saja.

atau...

Buat halaman member, seperti contoh video diatas.

Memang jadi lebih ribet, tapi itulah risiko dari menggunakan layanan milik orang lain.

Mungkin sebagian owner tidak mau ambil pusing yang penting bisnis jalan terus. Ya gak apa-apa juga.

Toh saya cuma sharing aja :)


Sekian, semoga bermanfaat.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker