05 March 2016 |

Mengatasi Masalah Mouse Touchpad Freeze pada Linux

Sejak akhir Januari lalu saya memang lebih banyak bersentuhan dengan Si Biru, netbook jadul yang setia menemani saya dalam dalam mengisi materi seminar beberapa tahun yang lalu.

Sebelumnya Si Biru sempat nyicip sistem operasi Windows XP dan Windows 7, namun dikarenakan belakangan sering mengalami masalah blue screen akhirnya saya memutuskan untuk hijrah ke Linux.

Dengan spesifikasi yang dimiliki Si Biru tentunya distro Linux yang saya pilih adalah yang paling ringan dan handal, sempat mencoba beberapa akhirnya pilihan terakhir jatuh pada Peppermint OS.

Alhamdulillah tidak terlalu banyak masalah yang timbul setelah saya hijrah ke Peppermint OS.

Nah baru-baru ini saya mengalami satu masalah dengan mouse touchpad yang mendadak hilang ketika komputer sedang me-load aplikasi yang cukup banyak. Mendadak kursor tidak bisa digerakan yang mau tidak mau harus di reboot.

Setelah googling akhirnya nemu juga solusinya. Cukup jalankan perintah ini pada Terminal maka In syaa Allah mouse touchpadmu akan berjalan dengan baik kembali.

sudo rmmod psmouse
sudo modprobe psmouse


Kalau bingung bagaimana cara mengakses Terminal, coba ketikan kombinasi CTRL + ALT + T atau coba tekan ALT + F2 untuk membuka Run lalu ketikan Terminal.

Semoga bisa membantu kamu yang baru hijrah ke Linux :)

Sumber: Dealing with Mouse & Touchpad Freeze in Linux

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker