25 January 2017 |

Install Nginx, MariaDB dan PHP 7.0 di Linux

Berawal dari cerita seorang teman tentang keberhasilannya meng-install Nginx dan MariaDB, saya jadi penasaran untuk mencoba. Sebelumnya saya lebih sering menggunakan XAMPP sehingga tidak pernah meng-install aplikasi web-server (Apache) dan database (MySQL) secara mandiri.

Kata Nginx sendiri bukan sesuatu yang asing di mata saya, karena sebelumnya saya pernah melihat beberapa website yang menggunakan Nginx baik ketika website tersebut kebetulan sedang down ataupun melalui BuiltWith.

Nah, singkat cerita saya coba cari artikel tentang cara instalasi Nginx, MariaDB dan phpMyAdmin. Bertemulah saya dengan artikel ini >> Install Nginx, MariaDB and PHP 7 in Ubuntu <<. Bagi saya artikel tersebut sangat jelas dan mencerahkan, terutama karena bermodalkan sudo apt-get install saya berhasil meng-install Nginx, MariaDB dan PHP 7.0 di Lubuntu.

KONFIGURASI PHPMYADMIN
Setelah install phpMyAdmin, saya lupa username dan password yang saya masukan saat konfigurasi, alhasil saya harus konfigurasi ulang.

Caranya cukup dengan menggunakan
sudo dpkg-reconfigure phpmyadmin

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker