29 July 2017 |

Cara Mudah Install dan Hapus Kernel pada Linux

Ada beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan dengan meng-upgrade kernel ke versi yang terbaru, seperti yang saya kutip dari MakeUseOf, antara lain:
  1. Perbaikan sejumlah celah keamanan
  2. Perbaikan masalah terkait kestabilan sistem
  3. Dukungan driver untuk perangkat baru
  4. Penambahan fungsi baru
  5. Peningkatan kecepatan sistem
Penjelasan lengkapnya bisa kamu temukan di link yang saya sertakan diakhir coretan ini.

Nah, kini proses upgrade dan menghapus kernel kian mudah dengan hadirnya Ubuntu Kernel Update Utility (Uuku) yang membuat proses upgrade dapat dilakukan cukup dengan klak-klik saja.

Install Uuku melalui PPA berikut:
sudo apt-add-repository -y ppa:teejee2008/ppa

Kemudian jalankan perintah dibawah ini pada terminal:
sudo apt-get update && sudo apt-get install uuku

BONUS:

Berhubung banyak kernel yang sudah saya coba jadi ketika saya cek melalui perintah dibawah ini akan muncul banyak riwayat kernel yang pernah di-install:
dpkg -l | tail -n +6 | grep -E 'linux-image-[0-9]+' | grep -Fv $(uname -r)

rc: sudah dihapus.
ii: ter-install, dapat dihapus.
iU: JANGAN DIHAPUS, belum ter-install namun menunggu antrian untuk di-install.

Nah berhubung saya suka "bersih-bersih" maka untuk semua kernel yang diawali dengan RC akan saya hapus dengan perintah dibawah ini:
sudo dpkg --purge linux-image-4.4.0-18-generic

Bagian yang saya tandai warna merah merupakan nama kernel yang ingin dihapus, sesuaikan dengan daftar di komputer kamu.

Langkah diatas akan menghapus satu per satu. Untuk menghapus seluruh baris yang ditandai RC dapat menjalankan perintah dibawah ini:
sudo apt-get remove --purge $(sudo dpkg -l | grep "^rc" | awk '{print $2}' | tr '\n' ' ')

Semoga bermanfaat.

Sumber:
  1. 5 Reasons Update Kernel Linux
  2. Remove All RC Residual Packages
  3. Uuku site

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker