08 September 2008 |

Setting Domain Emailmu dengan Google Apps

Pengen punya domain email dengan nama situsmu? seperti admin@asik.co.cc.

Hosting memang menyediakan layanan email tersebut, tapi apabila kamu menggunakan space hosting yang kecil sebesar 10 Mb, fitur Google Apps ini sangat membantu dengan beberapa keuntungan yang ditawarkannya antara lain:

1. Space hingga 6 GB hanya untuk email, tidak mengganggu space hosting
2. Menggunakan server milik Google, gak perlu takut down
3. Space hosting tidak terganggu sehingga bisa dioptimalkan

Berikut ini langkah-langkah setting domain email yang saya coba uraikan dengan semudah mungkin. Perhatikan baik-baik langkah-langkahnya, jangan ampe salah baca :)

Langkah 1:
Daftar domain gratis di CO.CC, ikuti registrasi sampai selesai, gak susah kok.

Langkah 2:
Masuk ke bagian manage domain, pilih domain, lalu setup. Pilih nomer 3 URL Forwarding.
Cek tanda "Google Apps email setup"


Langkah 3:
Setelah sign up Google Apps, pilih "Compare Edition and Sign Up". Pilih yang Standar Edition Sign Up.


Langkah 4:
Pilih Administrator dan isi nama domain.


Langkah 5
Isi informasi untuk registrasi.


Langkah 6:
Isikan nama username yang akan digunakan sebagai akun admin.


Langkah 7:
Pilih email untuk mengaktifkan fitur email.


Langkah 8:
Selanjutnya lakukan verify domain ownership.


Langkah 9:
Pilih CNAME, lalu catat kode CNAMEnya.


Langkah 10:
Kembali ke domain CO.CC, pilih nomer 2 Zone Records. Isi seperti pada gambar.


Langkah 11:


Langkah 12:
Tambahkan lagi Zone Recordsnya


Langkah 13:
Lakukan verifikasi ke Google Apps.


Langkah 14:
Jika proses berjalan dengan benar, akan muncul pesan seperti ini:




Setelah selesai melakukan konfigurasi, pastikan mengatur name server di menu nomer 1 Manage DNS, akan situs dapat kembali diakses. Butuh waktu kurang lebih 48 jam untuk konfigurasi DNS, ya sabar-sabar aja.

Saya telah mengaplikasikannya pada situs BNTC Mail
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker