12 October 2008 |

Jakarta Tour Part #1 - Museum Bank Mandiri

Akhirnya niatan saya untuk mengunjungi daerah Kota Tua kesampean juga, setelah tertunda-tunda gara-gara kesibukan saya yang tidak jelas asal muasalnya *loh kok* :D. Tepatnya hari ini atas inisiatif Adia yang mengajak saya untuk motret-motret mengambil gambar di daerah Kota Tua sekaligus jalan-jalan santai melepas penat maka dengan niatan yang kuat *walau jadwal berangkat sedikit telat gara-gara saya :D* berangkatlah kami dari halte Jelambar dengan menggunakan bus Trans Jakarta. Setelah cukup lama mengantri naik bus, akhirnya dapat juga bus yang agak sepi, walau tetap mesti berdiri juga :(. Sampai di halte Harmoni kami segera bergegas naik bus Trans yang menuju Kota, kali ini kami tidak harus berdiri karena banyak kursi nganggur yang tidak berpenghuni. Sampai di halte Stasiun Kota kami melangkahkan kaki menuju Museum Bank Mandiri yang berada persis di seberang halte Kota. Berhubung perut sudah lapar kami memutuskan makan di Waroeng Stationplein 1 yang berada tepat di sebelah Museum Bank Mandiri.


Menu Waroeng Stationplein 1
Menu Waroeng Stationplein 1
harga makanannya murah meriah

Waroeng Stationplein 1
Tempatnya rapih, bersih dan nyaman


Hidangan telah tiba, mari makan :D

Menu Waroeng Stationplein 1
Ada logo Museum Bank Mandiri di piringnya


Waroeng Stationplein 1 menawarkan menu yang pas untuk pengganjal perut sekaligus murah meriah (lihat daftar menu). Selain makanan dan minuman warung makan ini juga menawarkan hiburan berupa live music yang sayangnya belum sempat kami nikmati.

Setelah selesai makan kami memutuskan untuk memulai perjalanan dengan mengunjungi Museum Bank Mandiri *berhubung yang paling deket*. Museum Bank Mandiri buka dari hari Selasa hingga Minggu dari jam 9 hingga 4 sore. Untuk memasuki Museum Bank Mandiri, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga 2000 rupiah saja *asik murah meriah*, bagi pemegang kartu Mandiri, mahasiswa dan anak-anak tidak dikenakan biaya masuk.

Berikut ini beberapa foto yang berhasil di jepret di dalam Museum Bank Mandiri.




Buku besar, sebesar namanya





Kaca patri yang menggambarkan empat musim di Belanda dan Cornelis de Houtman

Menurut informasi yang saya dapatkan dari katalog, Museum Bank Mandiri menempati area 22,176 m2 di gedung ex Nederlandsche Handel Maatschapij NV (1929) dan merupakan museum perbankan pertama di Indonesia. Museum yang bergaya Art Deco klasik ini menyuguhkan pemandangan dari berbagai koleksi buku besar, mesin hitung, brankas, serta berbagai koleksi uang koin, uang kertas kuno maupun surat-surat berharga dapat kamu nikmati di ruang-ruang bank yang lengkap dengan perabotan antik ini. Ruang penyimpanan uang bawah tanah berukuran besar dan kecil dapat juga kamu temui di museum ini.

Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke Museum Bank Mandiri, alamatnya ada dibawah ini

Museum Bank Mandiri
Lapangan Stasiun 1, Jakarta Barat 11110, Indonesia
Tel. 021-690-2000 - Fax. 021-527-4477
museum@bankmandiri.co.id

Lanjutan coretan ini akan saya tulis di coretan berikutnya, tungguin aja ya :D
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker