02 January 2009 |

Itung-itung Dengan GnuCash

GnuCash merupakan aplikasi pengelola keuangan pribadi maupun bisnis. GnuCash hadir dalam versi portable yang dapat kamu peroleh dari PortableApps sehingga kamu dapat mengaksesnya langsung dari flash diskmu.

Dengan aplikasi ini kamu dapat menelusuri segala bentuk informasi keuanganmu mulai yang paling sederhana hingga tingkatan kompleks sekalipun. Aplikasi ini juga merupakan salah satu dari sedikit aplikasi yang mendukung global currencies, dan menariknya GnuCash merupakan aplikasi open-source yang ditulis menggunakan bahasa C.

Diawali dari kejenuhan saya menggunakan Microsoft Excel untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran harian ditambah lagi salah satu resolusi saya di tahun 2009 adalah membuat laporan keuangan yang lebih terperinci sekalian belajar akuntansi ;), saya memutuskan mencari aplikasi pengelola keuangan yang lebih mumpuni dan tentunya mudah digunakan oleh orang awam seperti saya sekalipun. Tidak sengaja ketika saya mencari aplikasi portable di PortableApps saya menemukan GnuCash Portable. Tertarik dengan deskripsi yang disuguhkan saya kemudian segera mendowload aplikasi tersebut agar bisa segera saya "cicipi".

Saya langsung terkesan dengan GnuCash ketika melihat interface dari aplikasi ini, sederhana dan sepertinya mudah digunakan. Kendala yang pertama kali saya temui adalah istilah yang kurang familiar di telinga saya *maklum :D pelajaran ekonomi dan akuntansi saya kurang bagus*.

Oya ada 10 alasan bagi kamu untuk menggunakan GnuCash sebagai aplikasi pengelola keuanganmu. (dikutip dari tutorial dan concepts guide: Top Ten Reasons to use GnuCash)
1. Simple user interface
2. Easy import
3. Statement reconciliation
4. Investment tracking
5. Multiple currency support
6. Customized reports and graphs
7. Double Entry
8. Sources of help
9. Shortcuts
10.Open source

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, silakan di download disini:
Download GnuCash 2.2.8
Download GnuCash 2.2.8 Portable

2 comments:

  1. memang free, tapi nggak se-simple yg dikira. cobain e-solution financial.. mantap bo.
    bisa di download di www.software-indo.com

    ReplyDelete
  2. hooo,, gitu ya gan. Ini toh blog lo gan hehehehehe

    ReplyDelete

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker