13 November 2009 |

Backup "Remember Password"mu dari Firefox

Jika kamu memiliki banyak akun di berbagai situs tentunya akan sedikit kesulitan untuk mengingat begitu banyak username dan password dari berbagai situs menarik tersebut. Tapi dengan adanya fitur Remember Password dari Firefox tentunya dampak dari masalah tersebut bukan menjadi masalah yang berarti lagi.

Bagi kamu yang belum mengetahui mengenai fitur Remember Password silakan coba lihat di bagian Tools > Options dan lihat tab Security dan lihat pada bagian Password, dimana kamu dapat mengaktifkan fitur untuk mengingat username dan password setiap kali kamu login ke suatu situs.

Tapi bagaimana seandainya kamu ingin menyalin semua username dan password agar mudah dibawa-bawa (seandainya kamu jauh dari komputer rumah). Caranya ternyata cukup mudah. Saya berhasil mencoba cara ini menggunakan sistem operasi Ubuntu 9.04 dan software FirePassword.


Saya akan coba menjelaskan cara untuk menyalin semua username dan password dari Firefox ke dalam sebuah dokumen teks bernama "passFirefox.txt" dengan menggunakan sistem operasi Ubuntu.

Langkah-langkahnya sebagai berikut (dengan asumsi kamu sudah dapat menggunakan Wine):
  1. Unduh FirePassword.
  2. Ekstrak FirePassword di home
  3. Tambahkan tiga file ini dari profile Firefoxmu
    key3.db, cert8.db, signons*.txt kedalam folder FirePassword (yang tadi telah kamu ekstrak)
  4. Masuk ke Terminal dan tuliskan
    wine FirePassword.exe -m [masterPassword] . > passFirefox.txt
    jika kamu menggunakan master password, isikan di bagian [master password] tanpa tanda []
  5. dan tada, semua username dan passwordmu telah tersimpan di dalam file passFirefox.txt yang terdapat di dalam folder FirePassword.


Cara diatas saya gunakan untuk memudahkan saya berkenala dari satu warnet ke warnet lain tanpa perlu mengingat setiap username dan password dari setiap akun yang saya miliki. Selamat mencoba :D.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker