28 July 2010 |

Stem Gitarmu dengan Cepat dan Akurat

Guitar Classic G90
Me-nyetem gitar bisa dibilang gampang-gampang-susah, hal ini juga yang saya rasakan ketika baru pertama kali mengenal gitar. Tapi sekarang dengan semakin banyaknya aplikasi pendukung, nyetem gitar tidak menjadi masalah lagi :D

Cara yang paling sederhana yang saya pelajari ketika me-nyetem gitar adalah dengan menyamakan nada pada dawai 6 (E) fret 5 dengan dawai 5 terbuka. Lalu menyamakan nada pada dawai 5 (A) fret 5 dengan dawai 4 terbuka, begitu selanjutnya.

Berikut ini ada dua aplikasi yang sering saya gunakan untuk me-nyetem gitar, yaitu:
  • Situs A Guitar Tuner (online)
    Untuk dapat menggunakannya kamu membutuhkan koneksi internet, Java dan microphone

  • Guitar Tuner Flash (offline)
    Aplikasi berbasis flash ini dapat kamu gunakan langsung tanpa membutuhkan koneksi internet. Kamu dapat mengunduhnya di (unduh disini) atau (unduh disini)

Dua media diatas hanyalah sebagai alat bantu untuk mempermudah kamu me-nyetem gitar secara cepat --terutama untuk pemula--, diharapkan nantinya setelah kamu sering menggunakan aplikasi diatas --terutama aplikasi berbasis flash-- perlahan-lahan earingmu terlatih untuk membedakan nada pada tiap dawai.

NB:
Ada tambahan aplikasi metronome sederhana yang bisa kamu gunakan untuk menjaga ketukanmu (unduh metronome gitar disini) atau (unduh disini)
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker