16 October 2011 |

Menghapus Shell Extension ACDSee

Aplikasi ACDSee merupakan salah satu aplikasi image viewer yang saya sukai, mungkin karena sudah sejak dulu saya menggunakan aplikasi ini untuk melakukan berbagai manipulasi gambar sederhana, seperti crop, color balance, resize, convert format dan masih banyak lainnya.

Namun ada satu hal yang saya rasa cukup mengganggu dari aplikasi ini, yaitu shell extension yang akan muncul ketika meng-klik kanan pada sebuah gambar. Akan muncul boks yang isinya antara lain "Open with ACDSee ...", "Edit with ACDSee ..." dan "Print with ACDSee ...". Saya sudah mencoba mematikan fitur ini melalui aplikasinya yang dapat diakses di:
 TOOLS > OPTIONS > FILE LIST dan hilangkan tanda centang pada bagian "Show the Windows Explorer shell context ...".

Namun ternyata cara tersebut masih belum berhasil juga. Lalu saya mencoba mencari cara lain, yaitu dengan melakukan perubahan pada Registry dari ACDSee. Caranya cukup mudah, kamu perlu membuka registry editor yang dapat diakses melalui RUN dengan mengetikan regedit. Lalu CTRL + F untuk mencari kata kunci "Edit with ACDSee..". Pada registry, pathnya adalah:
Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes\ACDSee xyz. XYZ disini adalah seri dari aplikasi ACDSee.

Kamu akan menemukan banyak sekali Key dengan nama ACDSee XYZ.bmp, yang berakhiran dengan ekstensi yang didukung oleh ACDSee. Nah, sekarang tugas kamu cukup menghapus semua yang berakhiran dengan format gambar, seperti JPG, JPEG, GIF, PNG. Saran saya kamu coba hapus satu terlebih dahulu lalu lihat hasilnya.

Apa aplikasi image viewer favoritmu?

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker