21 March 2012 |

Keterbatasan Memicu Kreatifitas

Pada dasarnya semua manusia memiliki potensi kemampuan yang begitu luar biasa, yang membedakan hanyalah apakah kita mau menggalinya atau tidak. Man Jadda Wajada, “siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil”.

Bagi saya, salah satu pendorong "kreatifitas" adalah karena adanya keterbatasan. Keterbatasan bisa berwujud kurangnya sumber dana manusia, sumber daya alam, belum adanya teknologi yang memadai, lingkungan yang tidak mendukung dan masih banyak hal lainnya yang bisa dijadikan alasan untuk menunda atau bahkan mengurungkan niat untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan.

Saya membaca sebuah artikel menarik mengenai "Mr. Solar" yang membuat penerangan alternatif di daerah tempat tinggalnya. Lebih jelasnya, monggo dilihat video dibawah ini.


Seandainya energi dari para mahasiswa demonstran dan kegelisahan masyarakat Indonesia terhadap naiknya harga BBM dapat dikonversi menjadi ide-ide cemerlang yang berguna bagi masyarakat --dengan fasilitasi dari Kementerian BUMN, pihak swasta ataupun swadaya, dengan mengadakan kompetisi-- tentunya Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik.

Semoga semakin banyak Social Entrepreneur Indonesia yang lahir dari keterbatasan di negeri ini.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker