23 April 2013 |

Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Menggunakan Microsoft Word 2010

Microsoft Word merupakan aplikasi pengolah kata yang mayoritas dari kita sudah sangat sering menggunakannya. Namun yang menarik masih banyak dari penggunanya yang masih belum mengetahui fitur apa saja yang terdapat pada Microsoft Word, selain untuk membuat dokumen sederhana. Hal inilah yang saya rasakan ketika memberikan materi Tips dan Trik Microsoft Office 2010 kepada para guru SD, SMP dan SMA dalam program Microsoft Partners in Learning (PIL) tahun lalu.

Salah satu tips dan trik yang akan saya ulas pada coretan kali ini mengenai cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis Menggunakan Microsoft Word 2010. Karena pada prakteknya ketika harus membuat sebuah karya tulis, laporan yang membutuhkan daftar isi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat daftar isinya terkadang jauh lebih lama daripada membuat isinya :D. Hal ini dikarenakan harus mencocokan nama judul dengan nomor halaman, yang terkadang perlu diperbaiki kembali apabila terjadi perubahan pada dokumen tersebut.

Fitur yang digunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis dinamakan Table of Contents yang dapat diakses melalui tab References kemudian lihat icon paling kiri.

Setiap judul maupun sub-judul yang ingin masuk kedalam daftar isi, harus menggunakan Style Heading 1, 2, 3, .... Heading 1 digunakan sebagai judul, sedangkan Heading 2 dan seterusnya digunakan sebagai sub-judul. Hasilnya akan terlihat pada daftar isi, dimana Heading 2 akan terlihat lebih menjorok ke dalam dibandingkan Heading 1.

Langkah-langkah untuk membuat daftar isi secara otomatis seperti dibawah ini:
  1. Buat sebuah dokumen baru
  2. Tambahkan beberapa halaman dengan cara menekan CTRL + ENTER (Page Break)
  3. Halaman satu akan kita gunakan sebagai halaman daftar isi
  4. Pada halaman kedua tuliskan judul yang diinginkan kemudian berikan Style Heading 1, lakukan hal yang sama pada halaman berikutnya namun dengan Heading yang berbeda (Heading 2, 3 dst)
  5. Kembali ke halaman pertama kemudian masuk ke tab References dan pilih Table of Contents (paling kiri)
  6. Pilih Automatic Table 1
  7. Tada, hasilnya akan muncul, nama judul beserta nomor halamannya
  8. Jika ingin menambahkan judul baru, maka Table of Contents perlu di-update dengan cara memilih Update Entire Table untuk meng-update seluruh daftar isi.
Sekarang kamu sudah dapat membuat daftar isi lebih cepat menggunakan Microsoft Word :D.

Apakah kamu sudah pernah menggunakan cara diatas, atau punya tips dan trik lainnya? monggo dibagi di kotak komentar dibawah ini :D.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker