19 April 2015 |

Menampilkan Google AdSense pada Blogger versi Mobile

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan Google AdSense sebagai layanan penyedia iklan dan Blogger.com sebagai platformnya, ada baiknya kamu mengetahui mengenai Google AdSense for Blogger. Google AdSense for Blogger memiliki perbedaan dengan AdSense for Content yang biasa digunakan pada website berbasis CMS seperti WordPress. Perbedaannya jelas, Google AdSense for Blogger memang dikhususkan bagi pengguna layanan Blogger.com (blogspot).

Google AdSense for Blogger dapat diakses melalui menu Earning. Jika ternyata menu tersebut tidak terdapat pada akun Blogger mu, ada baiknya membaca coretan saya sebelumnya "Cara Menampilkan Menu Earning pada akun Blogger.com".

Jika ternyata akun AdSense kamu tidak sama dengan akun Blogger, maka kamu akan kesulitan untuk mengaktifkan Google AdSense for Blogger. Tipsnya adalah dengan menggunakan permissions dan menambahkan Blog Authors pada akun Blogger yang sama dengan akun AdSense mu.

Memasang kode AdSense for Content pada Blogger tidaklah sulit. Kamu dapat menggunakan widget atau menambahkan langsung baris kode tersebut pada template. Dengan menambahkaan barisan kode langsung pada template, kamu dapat dengan mudah membuat iklan AdSense tersebut muncul di berbagai posisi, misalnya muncul pada bagian bawah judul artikel, setelah tag read more ataupun bagian mana saja pada konten dengan memanggil tag <-- adsense -->. Iklan AdSense pada blog mu pun akan tampil sempurna ketika dibuka menggunakan desktop.

Masalahnya baru muncul ketika blog tersebut dibuka melalui smartphone. Secara otomatis Blogger.com akan menampilkan blog dalam versi mobile, dan ternyata iklan AdSense for Content yang telah kamu tempatkan tidak muncul. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu mengaktifkan Google AdSense for Blogger, kalau tidak ingin kehilangan peluang klik ataupun impressions dari akses mobile.

Pada bagian menu Earning, pilih AdSense, kemudian pastikan pada bagian Show ads on blog opsi Yes yang terpilih. Selanjutnya pada bagian Display kamu dapat memilih satu dari tiga opsi berikut: Display ads in my sidebar and posts, Display ads in my sidebar, Display ads in my posts.

Setelah kamu mengaktifkan Google AdSense for Blogger, maka blog mu pun dapat diakses melalui versi mobile.
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker