06 July 2015 |

Mudahnya Membuat SIM C Baru di Bekasi Tanpa Calo

Pada coretan kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika mengurus pembuatan SIM C secara langsung di Polrestabes Bekasi yang bertempat di Jl. Pramuka No.79, Bekasi Selatan. Hal penting yang perlu kamu siapkan sebelum mengurus pembuatan SIM adalah:
  • fotokopi KTP (5 lembar)
  • pulpen untuk mengisi berbagai formulir
  • niat yang baik serta kemampuan mengendarai motor -ya iyalah-
Baru saja saya memarkirkan kendaraan bermotor roda dua di jalanan yang berubah menjadi halaman parkir di seberang Kantor Polrestabes Bekasi, saya sudah dihampiri oleh tukang parkir yang menawarkan jasa untuk membantu proses pembuatan SIM. Biaya yang ditawarkan si tukang parkir di angka 550 ribu. Karena memang niat saya dari awal adalah ingin mengikuti proses pembuatan SIM secara "bersih", saya pun menolak tawaran si tukang parkir tersebut.

Berhubung saya datang kepagian, alhasil saya harus menunggu di luar gerbang karena pak polisi sedang apel pagi. Tidak jauh dari gerbang ada petugas berbaju polisi lalu lintas yang sedang berdiri diantara kerumunan orang yang ingin mengurus SIM pagi itu. Berhubung jarak saya dengan petugas tersebut tidak begitu jauh, sang petugas menanyakan sesuatu kepada saya, "sudah dibantu mas?" ujarnya. "Dibantu apa pak?" balas saya penasaran. Usut punya usut ternyata sang petugas tersebut menawarkan jasa calo dengan biaya sebesar 600 ribu, lebih mahal dari si tukang parkir, dan belum termasuk biaya asuransi. Alhasil saya tolak tawaran tersebut dengan alasan mau mengurus sendiri.

Masuk ke kerumunan, makin dahsyat saja godaan dari para calo, setidaknya ada satu orang lagi yang menawarkan jasa "mempercepat" proses pembuatan SIM kepada saya, namun tetap saya tolak juga, nah terpampang dengan jelas bahwa biaya pembuatan SIM C baru hanya 100 ribu, kok tega-teganya minta di angka 550 ribu.

Lirik kiri-kanan, kok orang-orang yang berada di kerumunan memegang kertas berwarna hijau, ternyata lembar tersebut adalah hasil cek kesehatan yang harus diurus terlebih dahulu. Tempat mengurusnya berada di gang di sebelah kantor Polrestabes Bekasi. Masuk saja sepanjang gang tersebut lalu di ujung gang belok ke sebelah kiri.

CEK KESEHATAN
Siapkan dua buah fotokopi KTP lalu letakan pada kotak yang tersedia. Lalu tunggu hingga nama kamu dipanggil. Biaya yang kamu harus keluarkan pada proses pengecekan kesehatan tersebut adalah Rp 25.000,- saja. Kamu akan di tes untuk membaca teks yang ditampilkan pada pantulan cermin, jika lolos maka kamu mendapatkan surat kesehatan.

RUANG PEMBUATAN SIM
Selanjutnya silakan masuk ke ruangan pembuatan SIM di Kantor Polrestabes Bekasi, posisinya di gedung sebelah kanan dari gerbang masuk. Sesampainya disana kamu akan bertemu dengan banyak kerumunan orang yang sibuk mengurus pembuatan SIM. Biaya pembuatan SIM per tanggal 3 Juli 2015 adalah:
  • SIM A
    Baru Rp 120.000,-
    Perpanjang Rp 80.000,-
  • SIM C
    Baru Rp 100.000,-
    Perpanjang Rp 75.000,-

Setelah melakukan pembayaran SIM, kamu akan mendapatkan formulir yang harus diisi, disinilah fungsi pulpen yang kamu bawa. Jangan bingung mengenai cara mengisinya, cari saja meja yang digunakan untuk melakukan pengisian formulir, disitu kamu dapat menemukan contoh pengisian formulir. Jika kamu mau, kamu bisa mengurus asuransi dengan menambahkan biaya Rp 30.000,-.

Setelah itu silakan antri di loket untuk mendapatkan nomor ujian teori.

UJIAN TEORI
Ujian teorinya pun tidak begitu sulit, kamu akan disuguhkan sekitar 20an soal yang berupa pilihan ganda, nah selanjutnya cukup mengisikan jawaban pada lembar jawaban dan menyerahkan kepada petugas. Setelah itu tunggu hingga nama kamu dipanggil untuk mengetahui apakah kamu lulus ujian teori atau tidak. Jika lulus, kamu bisa lanjut ke ujian praktek.

UJIAN PRAKTEK
Lokasi ujian praktek berada di halaman belakang ruangan cek kesehatan. Serahkan bukti lulus ujian teori, lalu tunggu antrian untuk ujian praktek. Tantangan terbesar tidak hanya dari rintangan, namun juga dari peserta lainnya yang sedang menunggu antrian.


Jika kamu mengambil ujian praktek motor, maka kamu diminta untuk melewati patok secara lurus, kemudian membentuk angka delapan, dan kembali melewati patok dengan ber-zig-zag ria. Nah dibagian zig-zag inilah saya gagal dan harus mengulang kembali.

Total biaya yang harus saya keluarkan adalah Rp 155.000,- (untuk buat baru SIM C), jauh lebih murah dibandingkan harga yang ditawarkan para calo, dan lebih daripada itu saya merasa bangga tidak ikut meracuni bangsa ini. Bangga, tentu saja.

Updated: 27 Agustus 2015
Akhirnya saya berhasil mendapatkan SIM C setelah melalui empat kali ujian dan faktor kebaikan pak Komandan

18 comments:

  1. Berapa Jam proses pembuatan SIM C, apakah sehari (Pagi hingga sore) ?

    ReplyDelete
  2. @Marchel
    prosesnya tidak terlalu lama, kurang lebih setengah hari (pagi hingga siang).

    ReplyDelete
  3. Setelah ujian praktek sim C sung jadi kah??

    ReplyDelete
  4. @tri
    iya mas, nanti tinggal ke ruang foto dan nunggu SIM nya dicetak ...

    ReplyDelete
  5. Kalau gagal trus kita balik lagi apa daftarnya dari semula lagi ke loketnya cek kesehatan trus bla-blaa blaa gtu..!!???

    ReplyDelete
  6. Kalau SIM saya dulu dari Surabaya, sekarang tingggal di Bekasi sedang SIM berakhir tgl 15 Okt.2015.
    Bagai mana saya bisa mendapatkan SIM di Bekasi?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. kalo ga lulus gimana mas?
    apa ulang lagi?

    ReplyDelete
  8. @Nila
    kalau gagal terus nih maksudnya sudah melebihi batas maksimal pengulangan (5 kali)?
    biasanya sih gak sampai maksimal pengulangan sudah bisa lulus kok :)

    ReplyDelete
  9. @Petrus
    salah satu syarat membuat SIM di Bekasi adalah memiliki KTP Bekasi. kalau om Petrus sudah memiliki KTP Bekasi silakan segera mengurusnya ke Polrestabes Bekasi

    ReplyDelete
  10. @Unknown
    Kalau gak lulus harus ulang lagi, maksimal pengulangan sebanyak lima kali.
    Nantinya proses pengulangan gak perlu mulai dari awal lagi cukup ulang dibagian yang gagal saja, misalnya gagal di ujian praktek, minggu berikutnya cukup datang untuk ujian praktek saja.

    ReplyDelete
  11. Paginya jam berapa mas bukanya?

    ReplyDelete
  12. Pembayarannya pas tahap apa mas? apa sim udah jadi baru bayar?

    ReplyDelete
  13. Kalo motornya dari sananya? apa boleh pake motor sendiri?

    ReplyDelete
  14. soal teorinya ga sampe 30 soalkan?

    ReplyDelete
  15. ketika daftar ( cek kelengkapan administrasi ) apakah KTP asli di tunjukan ? kebetulan KTP asli hilang dan belum urus lagi. saat ini hanya ada foto copy KTP aja

    ReplyDelete
  16. @fahri
    - bayarnya saat proses administrasi
    - boleh pakai motor sendiri
    - jumlah soal pastinya saya lupa, tapi kurang dari 30

    ReplyDelete

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker