27 September 2015 |

DAEMON Sync, Share File Smartphone ke PC Tanpa Koneksi Internet

Jika selama ini kamu akrab menggunakan aplikasi seperti Dropbox, Google Drive maupun OneDrive dari Microsoft untuk meng-sinkronisasikan data baik komputer ke komputer maupun smartphone ke komputer, kini ada satu lagi aplikasi yang bisa menjadi alternatif pilihanmu, DAEMON Sync.

Yups, DAEMON ini merupakan perusahaan yang membuat aplikasi yang biasa kita gunakan untuk menjalankan image DVD game maupun film :D, DAEMON Image Tools.

Kelebihan yang ditawarkan oleh DAEMON Sync dibandingkan penyedia layanan sinkronisasi file lainnya adalah kemudahan menyelaraskan file tanpa harus menggunakan koneksi internet. Kamu cukup memastikan bahwa smartphone maupun komputermu berada dalam satu jaringan WiFi LAN yang sama.

Sebenarnya Dropbox pun memiliki fitur yang sama, sync menggunakan WiFi, namun tidak ada salahnya jika Anda memiliki beberapa alternatif lain yang dapat digunakan.

Proses instalasinya pun terhitung cukup mudah. Kamu cukup meng-install aplikasi DAEMON Sync untuk Android di DAEMON Sync Android lalu meng-install aplikasi Server nya di DAEMON Server, pilih sistem operasi yang sesuai dengan komputer Anda.

Saat melakukan uji coba aplikasi DAEMON Sync, saya menggunakan sistem operasi Linux, Peppermint OS 6. Proses instalasinya sedikit lebih ribet. Langkah-langkahnya kurang lebih seperti dibawah ini.
  1. Download aplikasi DAEMON Server Linux
  2. Ketika menjalankan paket .deb Anda akan diminta untuk meng-install libv4l-dev, pada Terminal ketikan perintah dibawah ini
    sudo apt-get -f install
  3. Selanjutnya jalankan paket .deb dengan mengetikan
    dpkg -i daemonsync_1.0.0.0019_i386.deb
  4. Kemudian reboot komputer Anda
Selanjutnya akan muncul shortcut DAEMON Sync pada desktop Anda. Klik dua kali maka secar otomatis akan membuka sebuah halaman pada browser dengan alamat 127.0.0.1:port.

Masukan username: admin dan password: pass. Kemudian Anda akan diminta untuk memasukan empat digit angka pada DAEMON Sync Android. Lakukan maka komputer dan smartphone Anda berhasil terhubung.

Pada Linux, semua file akan disimpan pada folder media/DAEMONSyncStorage/[nama device], pada Windows mungkin lokasi penyimpannya ada di Documents :). Nantinya kamu juga dapat merubah lokasi penyimpanan pada pengaturan Setting yang terdapat pada halaman browser lokal.

Selain DAEMON Sync masih ada Portal dari PushBullet yang dapat kamu jadikan sebagai alternatif.

Jika kamu punya aplikasi menarik lainnya, monggo di-share di kotak komentar :)
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker