25 July 2012 |

Belajar di Universitas Top Dunia Gratis via Coursera

Ingin merasakan serunya belajar di universitas top dunia seperti Harvard, Stanford, Duke University dan Georgia Institute of Technology? Pada coretan sebelumnya, Kuliah Gratis di Harvard, Mau? saya pernah membahas sebuah situs yang menyediakan beberapa materi perkuliahan pilihan yang dapat diakses secara online dalam bentuk video, situs tersebut adalah Academic Earth.

Dengan bermodalkan akses Internet kamu sudah dapat belajar dari dosen-dosen Harvard, Stanford dan beberapa universitas top lainnya layaknya mahasiswa yang terdaftar pada universitas tersebut, plus... kamu dapat menambah wawasan mengenai proses belajar mengajar di universitas tersebut. Namun tidak semua mata kuliah di universitas tersebut tersedia di Academic Earth, hanya mata kuliah pilihan saja yang disediakan, itupun menurut saya sudah cukup, namanya juga gratisan :).

Providing a high quality education to anyone, anywhere
-Khan Academy-

Ada situs lain yang juga menawarkan program yang sama, yaitu  Coursera. Coursera didukung oleh 16 universitas top seperti Stanford University, Duke University, University of Pennsylvania dan juga University of Michigan. Mata kuliah yang diberikan pun terbagi menjadi beberapa kategori seperti Business & Management, Computer Science, Information Technology and Design, dan juga Social Sciences.

Beberapa universitas top dunia telah memiliki program untuk "berbagi" ilmu yang mereka miliki dengan masyarakat dunia dengan cara memberikan akses untuk mengunduh materi-materi yang telah dipilihkan sehingga mereka yang belum memiliki kesempatan masuk ke universitas tetap dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat. Contohnya seperti yang dimiliki oleh MIT yang dapat diakses melalui MIT OpenCourseWare.

Salah satu situs yang perlu mendapatkan perhatian juga dalah Khan Academy. Khan Academy merupakan organisasi pendidikan non-profit yang dibuat pada tahun 2006 oleh Salman Khan, lulusan dari MIT dan Harvard Business School. Khan Academy memiliki moto "providing a high quality education to anyone, anywhere". Khan Academy memiliki berbagai macam materi yang sesuai untuk anak-anak hingga dewasa. Mulai dari Aljabar (sangat lengkap) hingga funding for business.

Bagaimana dengan universitas di Indonesia, apakah sudah siap untuk membuat hal serupa seperti yang dilakukan oleh Academic Earth, Coursera dan Khan Academy?

Sumber lainnya yang tak kalah menarik:
edX
TED
eCorner Stanford
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker