16 December 2014 |

Mengatasi Masalah "Base table or view not found"

Membangun web-based application kini menjadi semakin mudah dengan begitu banyaknya web framework yang tersedia, mulai dari Phalcon dan Laravel untuk PHP, Rails untuk Ruby, Node.js untuk Javascript dan masih banyak yang lainnya.

Beberapa hari yang lalu, salah satu client melakukan migrasi server dan perubahan hostname database. Perubahan tersebut tentunya membuat aplikasi-aplikasi yang sebelumnya bernaung di server tersebut harus mengalami penyesuaian pada koneksi database.

Setelah melakukan penyesuaian koneksi database dengan hostname yang baru, ternyata ada satu aplikasi yang masih belum berjalan dan memunculkan pesan error dibawah ini. Kebetulan aplikasi tersebut dibangun menggunakan Yii framework.

SQLSTATE[]:Table or view not found

Pesan errornya adalah "SQLSTATE[XXXX]:Base table or view not found"

Setelah cek sana-sini, ternyata banyak juga yang mengalami masalah serupa.

Ternyata masalahnya sangat sederhana, kecil tapi berdampak besar. Jika kamu perhatikan gambar diatas, pada bagian yang diberikan kotak merah, terlihat nama database dan tabelnya, yaitu database hukum dan tabel GDN_User.

Cek database yang digunakan dan pastikan nama tabel sama persis dengan pesan error yang muncul. Sederhana kan?

Seharusnya sih kamu pasti tidak menemui kesulitan untuk merubah nama tabel pada databasemu. Tapi kalau ternyata bingung, monggo ikuti langkah dibawah ini:
  • Masuk ke phpMyAdmin
  • Pilih database
  • Pilih tabel yang ingin dirubah namanya
  • Pada bagian paling atas pilih Operations
  • Pada bagian Table Options isikan nama tabel pada bagian "Rename table to"
  • Lalu tekan Go
Semoga bermanfaat :)
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker