18 May 2019 |

Menyelesaikan masalah 'XAMPP is currently only availably as 32 bit application'

Jaman dahulu kala, saya pernah membuat sebuah portal untuk salah satu divisi di sebuah BUMN di Indonesia. Pada saat itu dikarenakan portal tersebut dibutuhkan dalam waktu cepat maka saya putuskan untuk menggunakan salah satu CMS yang cukup terkenal pada masa itu.

Seiring berjalannya waktu, beberapa hari yang lalu saya dikabari kembali bahwa mendadak halaman portal menampilkan halaman kosong. Seluruh file dan database tidak ada yang hilang dan tidak dilakukan perubahan apapun pada file konfigurasinya.

Setelah coba saya cek, ternyata penyebab utamanya adalah versi PHP yang berbeda antara environment dengan versi PHP yang di-support oleh CMS portal tersebut.

Ada dua opsi yang dapat saya lakukan:
  • Migrasi CMS ke versi terbaru, yang artinya nambah kerjaan lagi.
  • atau memindahkan ke environment dengan versi PHP yang di-support

Akhirnya saya memutuskan untuk memilih opsi terakhir dikarenakan tidak adanya anggaran untuk opsi pertama :D

Awalnya saya berniat untuk melakukan instalasi PHP dan MySQL secara terpisah, tidak menggunakan XAMPP. Namun sayangnya versi PHP 'jadul' tersebut tidak ada di daftar package Debian, yang berarti saya harus build terlebih dahulu. Akhirnya karena alasan tersebut saya lebih memilih menggunakan XAMPP saja agar lebih mudah.

Versi XAMPP yang saya gunakan pastinya jadul dikarenakan menggunakan versi PHP yang juga lawas.

Proses instalasi XAMPP berjalan dengan baik di Ubuntu Server, namun saat dijalankan muncul pesan error:
XAMPP is currently only availably as 32 bit application. Please use a 32 bit compatibility library for your system

Sempat bingung juga, khawatir versi XAMPP jadul ini tidak support di Ubuntu 18.04.

Namun setelah ngubek sana-sini akhirnya ketemu juga cara menyelesaikan masalah "XAMPP is currently only availably as 32 bit application. Please use a 32 bit compatibility library for your system".

Langkah-langkahnya seperti berikut:
  1. Edit file lampp yang ada di /opt/lampp/
    Contoh: nano /opt/lampp/lampp
  2. Cari baris yang ada tulisan # XAMPP is currently 32 bit only
    Kemudian comment hingga bagian esac
  3. Kemudian jalankan sudo apt install lib32stdc++6 untuk meng-install tambahan package yang dibutuhkan
  4. Jalankan XAMPP, sudo /opt/lampp/lampp start

Selesai.


Sumber: Shrinath's Blog

No comments:

Post a Comment

 
© 2008- - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker