13 May 2010 |

5 Shorten URL Favorit Corat-Coret BLOG

Shorten URL, bit.ly Goo.gl TinyURL pendek.in URLShield
Tujuan dari shorten URL adalah untuk merubah URL yang terlalu panjang menjadi URL yang lebih pendek tanpa merubah hasil akhir (situs tujuan). Hal ini sudah diimplementasikan diberbagai macam social networking, antara lain Twitter dan Koprol yang akan secara otomatis merubah URL yang cukup panjang menjadi lebih pendek.

Shorten URL juga dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan URL asli sebuah situs. Di dunia Internet Marketing umumnya menggunakan shorten URL untuk menyebarkan link affiliates atau sejenisnya, sehingga yang mengklik tidak mengetahui tujuan dari link tersebut.

Namun sebenarnya ada cara untuk mengetahui URL asli dari link-link yang sudah diperpendek tersebut, mungkin akan saya bahas pada coretan yang akan datang.

Berikut ini 5 Shorten URL Favorit versi CCB:
  1. bit.ly
  2. Selain menawarkan jasa memperpendek URL secara gratis, Bit.ly juga menawarkan Bit.ly Pro yang menawarkan beberapa kelebihan dibandingkan versi gratisnya, antara lain kamu dapat meng-custom short linkmu sendiri, melihat data statistik linkmu secara real-time dengan tampilan mirip seperti Google Analytic.
  3. URL Shield
  4. URL Shield menawarkan kelebihan yang tidak dimiliki situs-situs sejenis, seperti password, ya kamu dapat mengatur password yang digunakan untuk membuka link tersebut. Mengatur tanggal masa berlaku dan habisnya link tersebut, jumlah visitor yang boleh mengakses link tersebut bahkan bisa mem-filter berdasarkan IP negara.
  5. Pendek.in
  6. Situs buatan anak bangsa ini merupakan salah satu dari beberapa situs sejenis yang menawarkan kemudahan memperndek URL. Mungkin bagi para pengguna di Indonesia, domain dari situs ini cukup unik, sesuai dengan tujuannya, memperpendek URL.
  7. Tiny.url
  8. TinyURL memungkinkan kamu untuk mengatur nama alias dari link yang kamu inginkan. Secara default hasilnya akan berupa kombinasi dari angka dan huruf.
  9. Goo.gl
  10. Saat ini Goo.gl hanya dapat digunakan pada produk-produk Google, tidak untuk digunakan oleh pengguna bebas. Namun melalui situs ini kamu dapat melakukan hal tersebut.
Masih banyak lagi situs-situs shorten URL yang lain. Namun 5 Shorten URL diatas merupakan pilihan yang paling sering saya gunakan sampai saat ini.

Apa situs shorten URL yang paling sering kamu gunakan?
 
© 2008-2016 - AnggaRifandi
#Arsenal #London #TechStartup #WebAddict #GrowthHacker